Membuat TCI dari power mosfet

Banyak sudah rangkaian tci yang sudah dibuat oleh teman teman netter,tapi keluhannya mereka adalah sulitnya mencari partnya kalaupun ada harganya mahal.ini ada rangkaian tci yang sudah saya pasang pada si merah.kalau bisa merangkai sendiri tidak sampai 30000 rupiah tergantung daerah masing2.

IMG_0135[1]

kalau sudah dirangkai ala kadarnya tanpa pcb seperti ini

IMG_0133[1]

coba dipasang ke simerah berhasil sesuai dengan fungsinya

IMG_0134[2]

Untuk casing dan penempatan sesuai selera,power mosfet ada sirkulasi udara dan tidak kena air.jangan lupa power mosfetnya diberi pendingin.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

75 Responses to Membuat TCI dari power mosfet

  1. Yoshi says:

    simpel banget . . . layak dicoba nih.

  2. lugupol says:

    monggo,hasilnya juooos lho

  3. lugupol says:

    @awansan= TCI transistor controler ingnition pulsernya bisa magnetic bisa pakai platina.karena platina tidak langsung berhubungan dengan busur api maka platina jadi awet,ya…seperti lampu watt besar yang dikasih relay.tapi ini saklarnya transistor jadi lebih cepat

  4. heru pranoto says:

    bagaimana pengaruh ga ke konsumsi BBM ?

  5. lugupol says:

    seharusnya jadi lebih irit karena pengapian jadi lebih besar dan stabil,tapi perlu pembuktian secara ilmiah….

  6. Dwi says:

    Kalo sudah aplikasi tci kondensor pd koil dilepas atau tidak? Trus ketahanan rangkaian ini bgmn om??

  7. Dwi says:

    Salah ketik om, maksudnya kondensor delco

  8. dwi2 says:

    mas kalau pakai rangkaian TCI ini, kondensor pada delco dilepas tidak? tris apa bedanya dengan yang ini http://ototekhnik.blogspot.com/2012/05/may-05th-2012-were-reborn-as.html

  9. arifin354 says:

    om untuk transistornya kaki kanan sama kiri kebalik apa tidak masalah makasih sebelumnya , mohon untuk rincian komponennya di tulis satu-satu biar klo beli enak maklum newbi

  10. gan itu kabelnya sambung kemana aja

  11. hendra says:

    ko ga Ada ya irf 140 aku poke irf 830 pas start mosfet langsung jebol, gmana Jon kluarny broo

  12. lugupol says:

    kondensor dilepas
    transistor tdk boleh kebalik
    kabel2 sdh jelas sesuai skema
    irf 840/irf740

  13. lugupol says:

    yang tinggal pasang bisa diorder difacebook lapak motuba dan part

  14. hendra says:

    klo gt aku bli yg udah Jdi tpi yg patent ya than panas gmana aku ngdpetinny caranya,?? oh y di daerah q susah nyri penguat irf tersebut klo dig anti sma transistor regulator TV cocok gak

  15. lugupol says:

    gak bisa diganti transistor biasa,koment saja nanti saya respon.atau add saya

  16. hendra says:

    mama lengkap fbny MBA mas brro

  17. hendra says:

    nama fbny mana mas brro

  18. phoedjieide says:

    kalau kondensor ga dilepas gmn? sy sdh bikin pas dipasang kondensor belum dilepas,….hasilnya ada percikan hanya pada saat di on dan di off kan saja.

  19. phoedjieide says:

    Owh,…ternyata saya kemaren salah memasang kaki transistor BD140,…..Alhamdulillah sekarang sdh jadi,….dipasang kapasitor tetap bisa.

  20. adi nugroho says:

    saya dah coba bikin, rpm bawahnya bagus, tapi 4000rpm langsung brebet. Selain itu mofset sangat panas, padahal sudah saya kasih pendingin yg tebal.

  21. toni says:

    masarifin 354 , sy 354 pasuruan…. fathonikhoirul@gmail.com , facebook

  22. toni354 says:

    maaf bos…., untuk tahanan / resistor di koil apa juga dilepas ? apakah tidak bermasalah dengan coilnya ? makasih mas…

  23. lugupol says:

    fb saya Arif wijar

  24. motogokil says:

    nice info bro, semoga kita semua semakin pintar

  25. nur budiyono says:

    mas matur nuwun sak derenge. aku mas kurang jelas kok neng foto rangkaian sampean enek tahanan sing di paralel fungsine opo karo ukurane piro.karo sikil fet karo transistore kurang jelas aku tolong sampean gambar sing jelas .konco konco ben podo iso ngrakit kabeh lan mugo muga mas bagi ilmu iki mugo di tambah ilmune lanrejekine ugo di panjangno umuree ben iso terus berkarya aminnnn…

    • lugupol says:

      Niku sampun jelas kok pak nur…sudah banyak yang laporan berhasil…coba ilmu dasar elektronya di matangkan lagi…nilai komponen yang menjadi dasar tetap diskema bukan yg dirakit…

  26. bambang says:

    mas seandainya s sama drainya dibalik bagaimana ya biar pendinginya bisa disambung sama groun

  27. Mas nur asli wong ngajuk says:

    Info kanggo dulur kabeh sing arap ngrakit TCI sing sekemane neng duwur mau ,ben ora mumet koyok aku ati ati lak tuku Tr.BD 140 mergo aku sempat tuku di tester kondisi apik tapi pas dirangkai ora gelem nerusne setrum sampek tak cobo tak walik sikil sikile tetep ae ora gelem . eeeee pas aku golek golek bekas neng adah bumbonku eeeee ketemu siso biyen jik dolanan gawe power ampl ocl disik langsung tester kondisine apik langsung tak soder kanggo ganti . ternyata langsung jreeng . matur suwun mas yo ilmune mogo mase seng maringi sekema tetep sehat lan terus berkarya .matus suwunnnnn..

  28. andiyanto says:

    ooo lah kok gaweanku malah koyo mesin detonasi..jadi durung dadino saiki..malah ketiban sibuk gawean kantor..

  29. noer huda says:

    mantep gan TCI ane coba berhasil pada gigi 4 mobil enteeeeng banget tarikannya.bahkan spontanitas ikut nambah. cuman sy cek output dari rangkaian TCI ini posisi idle 25v apakah tidak berpengaruh pada koil? berhubung arus + yg masuk pada koil cuman 12v. mohon petunjuknya suhu.

  30. tugi says:

    om…,tu yg ( ) dr aki atw dr kontak…. suwun

  31. tugi says:

    kabel yg masuk keplatina tu disambung ke (-) koil sama g om….. kan (-) koil,jg tersambung ke platina…. mohon pencerahanny

  32. lugupol says:

    yg masuk keplatina masuk tci…

  33. Bambang says:

    Matur Nuwun atas ilmunya, sudah saya coba & berhasil. Tetapi masalahnya komponen yang ada dipasaran mempunyai umur pendek.

  34. brian says:

    ijin njiplak karya nya mas. kalau BD140 saya ganti pake TIP32 kira2 masih bisa apa gak ya mas? matur nuwun.

  35. badenglish says:

    Model TCI itu bisa di pake di vespa yg masih platina ga mas ?

  36. suharto says:

    jadinya susah stater dan mbrebet…..pengapian mengecil. mohon peneranganya gan. ane newbie. tci terpadang di starko 86. tapi dilepas lagi krn mbrebet.

  37. suharto says:

    blm sempat tes drive. cos mesin jadi pincang dan saya hrs memperbesar seting iddle mesin . krn mati melulu.

  38. Antok Saja says:

    .Suwun mas….Ilmunya.Dah tak pasang di Kijang Super.Hasilnya Mantab Tarikan Ringan.Cuma Ya itu Sama Kasusnya.IRF nya Cepet Panas.

  39. Antok Saja says:

    Mas Biasane Rangkaian Iki Bertahan Berapa Km….Suwun Maneh Mas.

  40. aleqpaijo says:

    kalo diaplikasikan di motor vespa bisakah??

  41. Aku yo wis ngawe ning Mosfet tak ganti IRFP460 sing luwih gede 500V/20A 280w data ne soko http://pdf1.alldatasheet.com/datasheet-pdf/view/68530/IRF/IRFP460A.html pendingin gak perlu gede gede mosfet gak patio panas mung koyo nyekel gelas kopi anget , hasil joss gandos …

  42. tony says:

    mas harto , sy aplikasi ke starko 89 langsung oke, kondensator di lepas.., dan power 12v tci diikutkan terminal msk tahanan/ resistor. hasil bensin irit, sdh jalan 3500km belum stel platina dan karbu.. joss , terimakasih mbah arif..

  43. lugupol says:

    jozzzzz,kalau teliti dan hati2 insyaa Alloh berhasil
    jangan lupa kelistrikan mobil juga diperhatikan sebab tidak semua mobil bisa langsung dipasngi tci kalau kelistrikannya tdk sehat

  44. iswantoro says:

    mau tanya mas.. tci ini gak pakai condensator ya mas? gak apa2? trim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s